Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

.

Berlangsung Dilapangan Gasis, Pemkab Soppeng Peringati HKN Ke 55

Jumat, November 15, 2019 | 12:38 WIB Last Updated 2021-03-08T07:53:53Z




AKSIOMA.CO.ID,SOPPENG. Plt Asisten I bidang administrasi Pemerintahan Muhammad Arif Dimas, mewakili Bupati Soppeng menghadiri kegiatan Senam sehat bersama dalam rangka memperingati hari kesehatan Nasional (HKN)  yang ke 55 tahun 2019 di lapangan Gasis jalan kesatria Watansoppeng,  Jumat (15/11/2019).

Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng Sallang,  dalam laporannya menyampaikan bahwa Senam Sehat Bersama hari ini sebagai rangkaian Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-55 Tahun 2019.

"Tema HKN ke-55 adalah “Generasi  Sehat Indonesia Unggul”. Pemilihan tema ini, selain dimaknai sebagai puncak dari upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pembangunan kesehatan dalam lima tahun terakhir, juga dimaknai dengan kesiapan bidang kesehatan untuk terlibat aktif dalam pembangunan periode berikutnya yang menitikberatkan pada aspek sumber daya manusia" ungkapnya.

Diyakini, SDM yang sehat akan membawa keunggulan bagi bangsa.
Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November dalam suatu rangkaian kegiatan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Peringatan HKN telah bergerak dari tahun ke tahun, menjadi rangkaian kegiatan yang tidak saja dimiliki oleh Dinas Kesehatan, tetapi juga oleh Pemerintah Daerah, Sektor terkait, organisasi masyarakat, akademisi, bahkan hingga sektor swasta, dengan semakin banyak pihak yang terlibat, potensi untuk bergerak sinergis menjadi semakin besar, sehingga keunggulan bangsa melalui pembangunan kesehatan dapat dicapai.

"Senam Sehat Bersama ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar dapat melakukan aktifitas fisik secara rutin. Selain membudayakan olahraga sebagai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, kegiatan ini juga dapat  menjalin kebersamaan dan kekeluargaan antara pemerintah dan masyarakat sehingga masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya" papar Sallang.

Selain itu salah tujuan acara ini adalah mempererat silaturahim antar sesama pegawai Dinas Kesehatan,  RSUD,  dan Petugas Puskesmas se-kabupaten Soppeng serta menjalin juga kerja sama dengan seluruh elemen dalam masyarakat. 

Sementara itu, Asisten Administrasi pemerintahan, Arif , dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Pembangunan kesehatan sebagai pelaksanaan amanat Undang-Undang Dasar Tahun 1945 telah mencapai hasil yang menggembirakan. 

"Pembangunan kesehatan kita telah berkontribusi dalam pembangunan manusia dengan meningkatnya nilai Indeks Pembangunan Manusia dan Usia Harapan Hidup. Meningkatnya Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) tahun 2018 adalah bukti nyata capaian pembangunan kesehatan sepanjang lima tahun terakhir ini, antara lain menurunnya angka stunting balita, angka kematian ibu dan angka kematian neonatal"ungkapnya.

Dia menuturkan bahwa Strategi Pembangunan Kesehatan yang kita bangun melalui tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui jaminan kesehatan nasional, melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat
(Germas), Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK), Program Nusantara Sehat (NS) dan program JKN, bersama seluruh komponen kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor, dengan beragam tantangan dan rintangannya telah berhasil menyelesaikan beberapa masalah-masalah kesehatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat. 

Momentum Hari Kesehatan ke-55 ini,  lanjutnya,  sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa; masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif. 

"Saya berharap agar rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN ini bermanfaat untuk seluruh masyarakat dan menjadi ajang mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat. Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran kesehatan, jajaran lintas sektor serta seluruh lapisan masyarakat yang telah berjuang untuk melaksanakan pembangunan kesehatan dalam mempersembahkan Generasi Sehat Untuk Indonesia Unggul" harap Arif saat membacakan sambutan Bupati Soppeng

Penulis: Ami
Editor: Herman


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Berlangsung Dilapangan Gasis, Pemkab Soppeng Peringati HKN Ke 55

Trending Now

Iklan