Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

.

Fa Songkok Recca Hadir Bawakan Materi Jurnalis di SMA Negeri 7 Wajo

Sabtu, Februari 16, 2019 | 13:54 WIB Last Updated 2021-03-08T07:54:06Z

Ichal Mahendra saat bawakan materi dikegiatan Pelatihan Jurnalistik anggota baru LPS Cendana SMA Negeri 7 Wajo



SOPPENGTERKINI.COM,WAJO Lembaga Pers Siswa (LPS) Cendana menggelar pengkaderan anggota baru yang dipusatkan di Tribun Utama Lapangan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 7 Wajo, Sulawesi Selatan, Sabtu 16/2/2019.


Peserta yang terdiri dari berbagai kelas tersebut diberikan pembekalan ilmu Jurnalistik dengan menghadirkan pemateri dari media. Salah satunya, pemateri yang juga redaktur SOPPENGTERKINI.COM Ichal Mahendra, memberikan materi Teknik Wawancara dan Cara Menulis.


Puluhan peserta yang hadir diberikan bekal 12 item teknik wawancara dan 15 teknik menulis yang baik dan benar untuk diterapkan dalam menulis berita mapun menulis buku. Peserta juga dibekali materi asyiknya jadi jurnalis dan pembinaan penulisan serta bahasa berkarakter jurnalis.


Menurut Ichal Mahendra, sebelum melakukan wawancara persiapkan terlebih dahulu pertanyaan yang akan ditanyakan kepada narasumber. Pertanyaan tersebut juga harus sesuai dengan topik pembahasan yang ingin didapatkan. Dan usahakan dalam pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan kepada narasumber itu singkat, padat dan jelas.


"Jelaskan tujuan Wawancara, memulai pembicaraan dengan pertanyaan ringan, siapkan alat tulis, dan hindari pertanyaan yang rumit, serta pandai-pandailah mengambil kesimpulan, jangan menyodorkan pertanyaan yang menggurui," kata Ichal Mahendra.


Kemudian dilakukan penyuntingan berita. Lanjut Ichal Mahendra mengatakan, jangan buat berita yang mengandung fitnah, gasutan, dan kebohongan, tidak menonjolkan unsur kekerasan, seksualitas, perjudian, penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang. Tidak juga mempertentangkan Suku, Agama, Ras atau golongan.


"Isi berita juga tidak merendahkan nilai-nilai yang berlaku dalam Masyarakat, tata bahasa dan kosokata yang baik dan benar, serta terpenting memperhatikan tanda baca dan struktur kalimat, dan boleh menyertakan kutipan dan atribusi," kata pria yang kerap tampil dengan Songkok Recca nya.


Peserta pelatihan jurnalistik LPS Cendana, Minarni kelas X Bahasa


Sementara menurut salah satu dari peserta, Minarni selama mengikuti Empat materi, ia banyak mengetahui tentang dunia Jurnalis yang sebelumnya tidak diketahui nya, bahkan ia mengaku sudah mengetahui cara kerja seorang  jurnalis.


Lebih lanjut siswi kelas X jurusan Bahasa SMAN 7 Wajo itu mengatakan, LPS itu suatu organisasi yang menaungi banyak orang, dari siswa-siswi SMAN 7 Wajo, terkhusus yang tertarik pada dunia Jurnalis.


"Saya berharap apa yang disampaikan pemateri dapat bermanfaat, bagi saya terutama melatih publik speaking saya. Banyak sekali, namun yang terpenting saya mampu berbicara depan umum, pelatihan ini juga membuat saya lebih berani mengutarakan pendapat saya jika itu benar adanya,"kata Minarni.


Laporan: Rusman


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Fa Songkok Recca Hadir Bawakan Materi Jurnalis di SMA Negeri 7 Wajo

Trending Now

Iklan